Berita PilihanSeni Budaya

14-16 September “Piasan Seni” Banda Aceh Digelar

Kadisbudpar Banda Aceh,Fadhil, S.Sos,MM. AtjehLINK | JunBanda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banda Aceh, kembali menggelar “Piasan Seni 2015”. Perhelatan para seniman dan budayawan ini akan berlangsung mulai tanggal 14 sampai 16 September, di Taman Sari dan Rumah Budaya, Banda Aceh.  Even tahunan ini, selain ajang silaturrahmi para seniman dan budayawan, juga bertujuan untuk mempromosikan seni, budaya dan potensi wisata Banda Aceh khususnya dan Aceh umumnya.

Hal itu diutarakan Kadisbudpar Banda Aceh,  Fadhil, S.Sos,MM, Selasa (8/9/2015) di Banda Aceh. Kata dia, Piasan Seni Banda Aceh 2015 mengusung tema “Inspiration of Art”. Piasan Seni akan menampilkan berbagai atraksi kesenian daerah, apresiasi karya seniman dan edukasi bagi para pegiat seni serta masyarakat.

“Event ini juga diharap dapat membuka ruang promosi untuk menarik investasi di Aceh,” kata  Fadhil.

Fadhi menambahkan, sesuai dengan temanya, Piasan Seni kali ini mengupayakan rangsangan terhadap beragam inspirasi cemerlang yang akan menjadi sebuah ide kreatif untuk sebuah karya. Diharapkan, mampu memancing semangat berkarya bagi para pelaku seni dan masyarakat, untuk menghasilkan karya-karya baru yang kreatif dan inovatif, sesuai perkembangan zaman dengan tetap menanamkan prinsip kearifan budaya lokal sebagai klimaksnya.
“Piasan Seni akan diisi oleh komunitas seni, seniman atau pegiat seni yang telah dikenal dan cukup memperoleh tempat di hati masyarakat. Selain itu, pada event kali ini, juga melibatkan kelompok seni yang tergolong baru dan potensial untuk mengembangkan seni dalam nuansa baru,” katanya.
Nuansa baru pada Piasan Seni kali ini, kata Kadisbupdar, yakni keikutsertaan komunitas seni sekolah dan kampus, serta komunitas seni dari gampong-gampong kreatif yang ada dalam 9 kecamatan di Banda Aceh.
“Banyak kegiatan yang akan disajikan pada Piasan Seni Banda Aceh 2015 adalah diantaranya Pameran Seni, Panggung Hiburan Rakyat, Workshop Seni, Panggung Apresiasi Seni, Aneka Perlombaan. Juga ada Anugerah Budaya sebagai bentuk apresiasi Disbudpar Banda Aceh terhadap pelaku-pelaku seni dan budaya”, jelasnya.
Berikut rincian acara Piasan Seni Banda Aceh  2015:
  1. Pameran Seni; akan memamerkan aneka produk seni tradisional, modern dan kontemporer di Taman Sari.
  2. Panggung Hiburan Rakyat; akan menampilkan berbagai pertunjukan seni dan kreatifitas lainnya di panggung utama Piasan Seni 2015.
  3. Workshop Seni; menyajikan materi pelatihan atau diskusi kesenian. Acara terbuka untuk umum di setiap stand yang menyajikan edukasi, juga di Panggung Apresiasi dan Rumah Budaya Banda Aceh.
  4. Panggung Apresiasi Seni; merupakan ruang apresiasi karya para seniman lewat sebuah panggung mini. Akan dipusatkan di arena Pameran Seni.
  5.   Aneka Perlombaan di Taman Sari sebagai wujud dari penggalian potensi dan kreatifitas dan meninjau perkembangan kesenian dan daya kreasi terhadap kemajuan zaman; Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SMA/sederajat, Perguruan Tinggi dan Umum, dan Lomba Lukis bagi remaja Pelajar tingkat SMP/SMA sederajat se-Kota Banda Aceh. Lomba digelar di Taman sari.
  6.  Anugerah Budaya sebagai bentuk apresiasi Disbudpar Banda Aceh terhadap pelaku-pelaku seni dan budaya. (SP/al1)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *