Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

Senator Fachrul: Tidak Ada Pemekaran!

Fachrul Razi (1)Banda Aceh – Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Fachrul Razi, meminta agar semua pihak menahan diri dan tidak melakukan provokasi terkait dengan isu pemekaran Aceh.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Senator Aceh itu, saat menyampaikan sambutan di hadapan peserta Rapat Koordinasi Sinkronisasi Aspirasi Daerah, dalam Rangka Konsolidasi Anggota DPD RI Aceh Dengan Pemangku Kepentingan di Aceh untuk Percepatan Pembangunan Daerah Tahun 2015, di ruang serbaguna Setda Aceh, (Rabu 09/09/2015).

“Tidak akan ada pemekaran wilayah Aceh selama masih ada saya di DPD RI. Pemekaran Aceh sangat bertentangan dengan Undang-undang Pemerintahan Aceh. untuk itu kami meminta kepada siapa saja untuk menahan diri dan tidak melakukan provokasi di media terkait dengan pemekaran Aceh,” ujar Fachrul tegas.

Alumni Universitas Indonesia itu menyayangkan maraknya isu pemekaran Aceh. Isu ini, kata dia, akan sangat mengganggu proses perdamaian Aceh. Menurut Fachrul, hal yang harus dilakukan saat ini adalah mengawal proses pembangunan Aceh secara bersama-sama demi terciptanya kesejahteraan rakyat.

Fachrul juga menjelaskan, benar dalam UUPA ada celah untuk pemekaran wilayah, namun hal tersebut sangat sulit terwujud karena membutuhkan persetujuan dari pihak eksekutif dan legislatif.

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPD RI, Prof DR Farouk Muhammad, Fachrul Razi (Wakil Ketua Komite I DPD RI) Ghazali Abbas Adan (Wakil Ketua Komite IV DPD RI), Sudirman ‘Haji Uma’. Sementara itu, Rafly tidak dapat hadir ke Aceh karena sedang bergabung dengan kontingen budaya Indonesia ke Inggris.

Hadir pula seluruh unsur Forkorpimda Aceh, Para Bupati dan Wali Kota se Aceh, para Kepala SKPA Aceh dan SKPK se-Aceh, sejumlah tokoh politik dan awak media. (Arunda/al1)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *