Berita PilihanSigom Atjeh

Kabut Asap Semakin Pekat, Nelayan Terpaksa Berhenti Melaut

Aceh Timur – Kabut asap yang menyelimuti beberapa wilayah Aceh dalam beberapa pekan terakhir, berdampak terganggunya aktivitas para nelayan yang mencari ikan di perairan laut Aceh Timur, Minggu (13/9/2015).

Suriadi, nelayan asal Peudawa mengungkapkan, sejak minggu lalu tidak ia dan rekan-rekannya tidak bisa melaut akibat kabut asap yang semakin pekat di perairan laut Aceh Timur.

Jika tetap memaksakan diri untuk melaut, sambungnya, selain jarak pandang yang terbatas, dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan para nelayan. “Karena itu kami memutuskan tidak melaut untuk sementara waktu sampai kabut asap reda,” ungkap Suriadi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Safrizal Fauzi SSTP MAP, mengatakan, hingga saat ini belum ada tindakan yang bisa dilakukan oleh pihaknya karena kabut asap merupakan kiriman dari kebakaran hutan di Riau.

Namun jika kabut asap terus meningkat di Aceh Timur, pihaknya merencanakan untuk membagikan masker kepada masyarakat khususnya bagi pengguna jalan. “Kita juga harapkan para pengguna jalan untuk menghidupkan lampu kendaraan mereka,” ungkap Safrizal.(Mus/al3)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *