Berita PilihanEkonomiHeadline News

Wagub Minta Rekanan Percepat Realisasi Proyek

Wagub KungkerLhokseumawe – Memasuki hari kedua kunjungan kerjanya ke sejumlah kabupaten/kota dalam rangka meninjau beberapa proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA), Wakil Gubernur Aceh, H Muzakir Manaf, beserta rombongan bergerak ke wilayah tengah Aceh, (Senin, 28/9/2015).

Sebelum keluar wilayah Kota Lhokseumawe, Wagub dan rombongan meninjau proyek pembangunan Tebing Sungai Los Kala, yang berada di Kecamatan Muara Satu. Perkembangan proyek bernilai Rp10,385 miliar itu telah mencapai 60 persen. Saat ini, proyek tersebut sedang dalam dalam pengerjaan beton cyclop dan pemasangan batu.

Tiba di lokasi, pria yang akrab disapa Mualem itu diterima oleh Sekda Kota Lhokseumawe, Dasni Yuzar. Wagub sempat meninjau ke beberapa bagian beton tebing didampingi Kepala P2K Aceh dan Kepala Bappeda Aceh.

Selanjutnya, Wagub beserta rombongan bertolak ke Puskesmas Muara untuk meninjau proyek revitalisasi Puskesmas tersebut. Proyek yang menelan biaya sebesar Rp2,267 miliar itu telah mencapai 70 persen pengerjaan. Saat ini, rekanan sedang melakukan pemasangan bata dinding Puskesmas, pemasangan Bata pagar dan plester pagar.

Selesai dari Puskesmas Muara Satu, rombongan kemudian menuju ke Waduk Teupin Keubeu, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara. Proyek pembangunan waduk yang menelan dana sebesar Rp9,990 miliar itu, saat ini sedang dalam pengerjaan penggalian waduk dan proses pembuangan tanah dari dalam waduk. Sedangkan pengerjaan cor top spillway telah selesai dilaksanakan.

Wagub dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi proyek pembangunan Jalan Simpang Krueng Geukueh-Bener Meriah. Perkembangan proyek yang menelan dana sebesar Rp16,933 miliar itu baru mencapai 20 persen pengerjaan. Saat ini rekanan sedang mengerjakan pemadatan urpil sepanjang 5 kilometer.

Kunjungan kerja dilanjutkan dengan memantau lokasi pembangunan Jalan Bener Meriah-Batas Aceh Utara. Tiba di perbatasan kabupaten, Wagub disambut oleh Wakil Bupati Bener Meriah beserta unsur Forkorpimda Kabupaten Bener Meriah.

Proyek yang menelan dana sebesar Rp18,124 miliar itu telah dimulai sejak 10 Juni lalu, dan sudah mencapai 15 persen pengerjaan. Disini Wagub berpesan kepada rekanan agar mempercepat penyelesaian pengerjaan proyek, mengingat tahun Anggaran 2015 yang tinggal beberapa bulan lagi.

Selanjutnya, Wagub dan rombongan dijamu makan siang di Pendopo Wakil Bupati Bener Meriah. Usai Shalat dan istirahat sejenak serta menikmati kopi Gayo, rombongan kemudian menuju ke proyek pembangunan Jalan Simpang Tritit-Peunaron. Proyek yang telah dimulai sejak 10 Juni lalu ini menelan dana sebesar Rp9,379 miliar, dan baru mencapai 15 persen pengerjaan.

Selanjutnya rombongan menuju ke lokasi proyek pembangunan lanjutan Pasar Paya Ilang. Proyek yang pengerjaannya telah dimulai sejak 03 Agustus lalu ini menelan dana sebesar Rp3,271 miliar. Pengerjaan proyek telah mencapai 16 persen. Saat ini sedang dalam tahap pengecoran kolom.

Terakhir, rombongan bertolak ke ke lokasi proyek pembangunan Jalan Reuleut-Gampong Payong,Kabupaten Bireuen. Proyek yang telah mulai dikerjakan pada 23 Juni lalu itu menelan dana sebesar Rp11,637 miliar. Saat ini rekanan sedang mengerjakan Urpil sepanjang 2,2 kilometer dan pemasangan batu pada bahu jalan.

Dalam kunjungan kerjanya hari ini, Wagub didampingi oleh Kepala P2k, Kepala Bappeda Aceh, Kepala Dinas Bina Marga Aceh, Inspektur Aceh, Kepala Dinas Cipta Karya, Kadisperindag Aceh, Kadisnakermobduk Aceh dan Kepala Biro Humas Setda Aceh. (Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *