Atjeh HijauBerita PilihanHeadline News

Selamatkan Gajah dan Badak Sumatera!

Global-March-1Banda Aceh – Para relawan dari lintas lembaga dan komunitas di Aceh menggerakkan acara Global March for Elephants and Rhino Aceh 2015 di Kota Banda Aceh. Acara ini terbuka untuk umum dan akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut di Taman Putroe Phang dan Simpang 5 kota Banda Aceh, Sabtu 3 Oktober dan Minggu 4 Oktober 2015.

Menurut Danurfan, koordinator umum Global March untuk Gajah dan Badak Sumatra, selain Banda Aceh, lebih dari 134 kota di seluruh dunia akan ikut andil dalam aksi ini. “Rangkaian kampanye terbuka ini bermaksud mempromosikan kesadaran pentingnya konservasi, utamanya pada upaya penyelamatan Gajah Sumatera dan Badak Sumatera dari ancaman kepunahan,” sebutnya dalam rilis yang diterima AtjehLINK, Kamis (1/10/2015).

Katanya, Banda Aceh sebagai ibukota Provinsi Aceh dipilih menjadi salah satu lokasi kampanye, karena saat ini Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) di Aceh dan Sumatera Utara adalah salah satu benteng terakhir bagi kehidupan gajah dan badak Sumatera. “KEL memegang harapan terakhir pelestarian dan keberadaan satwa tersebut di bumi.”

KEL yang merupakan rumah bagi populasi Badak dan Gajah Sumatera, sebutnya, mengalami berbagai tekanan menuju kehancuran dan deforestasi secara drastis. Pembangunan jalan tanpa pertimbangan ekologis telah mendorong konversi hutan, illegal logging, perburuan satwa dan meningkatnya konflik manusia dan satwa liar. Hal ini merupakan ancaman utama kelestarian hutan Aceh saat ini,” katanya.

Pihaknya berharap acara ini bisa membuka mata dunia untuk lebih aktif mencari tahu dan peduli terhadap satwa liar yang berada di Sumatera, termasuk Gajah, Badak, Orangutan dan Harimau pada saat ini berada di ambang kepunahan. “Semua pihak harus meninggalkan paham antroposentris dan segera menerapkan etika konservasi dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.”

“Bersama, kita dapat menyelamatkan lingkungan dari ancaman kepunahan. Bersama, kita semua bertanggung jawab untuk menjamin pembangunan dalam lingkungan hidup yang aman dan berkelanjutan. Bersama, kita harus menjamin kelangsungan kehidupan anak cucu kita di masa depan. Salam lestari,” pungkasnya. (sp/al3)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *