Berita PilihanSigom Atjeh

Warga Pendukung Keuchik Terpilih Demo Kantor Camat

orasi perlakAceh Timur – Masyarakat pendukung salah satu kandidat keuchik Gampong Kuala Bugak, Kecamatan Peureulak Kota, mendatangi kantor camat setempat untuk mendesak pihak kecamatan  agar segera melantik keuchik terpilih dalam pemilihan beberapa waktu lalu, Jumat (2/10/2015).

Warga yang berdemo mengatasnamakan pendukung Said Abdurrahman yang merupakan salah satu kandidat dan keuchik terpilih dalam pemilihan 10 September 2015. Saat itu, Said berhasil mendulang 189  suara, sementara kandidatnya lainnya Ibrahim Harun meraih 108 suara dari jumlah pemilih 408 suara.

Namun setelah diperiksa lebih lanjut, keuchik terpilih Said Abdurrahman diduga memalsukan data kependudukannya. Pasalnya ia dikabarkan telah pindah ke Kota Langsa dalam dua tahun terakhir ini sehingga tidak memenuhi syarat untuk menjadi seorang calon kepala desa.

Menurut Camat Peureulak Kota Abdul Aziz, hal tersebut telah diatur dalam Qanun No 4 tahun 2009 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Keuchik di Aceh. “Syarat untuk menjadi calon seorang keuchik salah satunya harus berdomisili di desa pemilhan tersebut selama tiga tahun berturut-turut,” katanya kepada AtjehLINK.

Ia menjelaskan, setelah pihaknya bersama dengan Kapolsek dan Danramil memberikan pemahaman kepada massa pendukung Said Abdurrahman,  kemudian puluhan warga yang ikut berdemo pun membubarkan diri dengan tertib. (Mus/al3)

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *