Berita PilihanNasional

AHM Gelar Sahabat Satu Hati Membatik

Batik (4)_editJakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama 200 Sahabat Satu Hati mengadakan kegiatan pelestarian batik khas pesisir Jakarta Utara sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya Indonesia. Kegiatan bertajuk ‘Sahabat Satu Hati Membatik’ ini digelar dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober.

Sebanyak 200 Sahabat Satu Hati yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan para siswa dan guru dari 12 sekolah binaan AHM melalui program Sekolah Satu Hati. Kegiatan ‘Sahabat Satu Hati Membatik’ dipusatkan di SMA Negeri 72, Jakarta Utara, (Sabtu, 3/10/2015).

Selain SMA 72, kegiatan ini juga melibatkan sejumlah sekolah lainnya di wilayah Jakarta Utara, yaitu SMA Negeri 13, SMA Negeri 18, SMA Negeri 40, SMA Negeri 41, SMA Negeri 52, SMA Negeri 72, SMA Negeri 75, SMA Negeri 80, SMA Negeri 110, SMA Negeri 115, SMK Hang Tuah I, dan SMP Hang Tuah 3.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, batik pesisir khas Jakarta Utara memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang perlu terus dilestarikan sebagai aset budaya bangsa selain batik jenis lainnya yang telah dikenal luas seperti batik Solo maupun Yogya.

“Batik adalah kebudayaan Indonesia. Kami ingin Sahabat Satu Hati yang mayoritas generasi muda juga memiliki komitmen untuk ikut menjaga dan melestarikannya. Melestarikan batik akan semakin mempertegas karakter khas Indonesia yang membedakannya dengan negara lain,” ujarnya.

Batik khas pesisir Jakarta Utara selama ini belum banyak dikenal publik. Batik jenis ini memiliki karakter warna cerah dan motif non geometris dengan goresan garis yang tegas. Pada kegiatan ini, para Sahabat Satu Hati belajar membuat kreasi pola batik khas wilayah ini menggunakan canting sebagai alat pembatik hingga mempelajari penggunaan bahan lilin (malam) batik. Pada akhir acara, para mereka mempresentasikan makna motif batik yang dibuat sekaligus nilai apa yang bisa digali setelah membatik.

700 Bikers Honda Cintai Batik Indonesia

Upaya mengekspresikan kecintaan terhadap batik Indonesia pun diusung oleh 700 bikers Honda CB150R StreetFire dalam kegiatan turing dengan memakai atribut ataupun pakaian bermotif batik. Kegiatan bertajuk All New CB150R StreetFire Fun Cultour digelar secara serentak di 13 wilayah main dealer Honda di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan maupun Sulawesi.

Rangkaian kegiatan turing All New CB150R StreetFire Fun Cultour juga diikuti dengan aktivitas lain seperti pengenalan teknologi terbaru All New Honda CB150R StreetFire dan rolling city menuju ke lokasi wisata khas setiap kota penyelenggaraan, seperti pantai Loknga di Aceh hingga pantai Akarena di Makassar, Sulawesi Selatan.

Setiap biker diwajibkan untuk tetap memenuhi kaidah keselamatan berkendara dalam turing ini seperti penggunaan helm, sepatu dan kelengkapan lainnya. Para biker yang menjadi peserta turing dapat berpartisipasi di kompetisi foto dengan mengunggah foto-foto saat berada di lokasi wisata dengan berbagai latar belakang keindahan dan keunikan yang lokasi wisata yang dituju.

Kompetisi ini sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia melalui media sosial untuk semakin membangkitan semangat cinta Indonesia.

“Kompetisi ini sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia melalui media sosial untuk semakin membangkitan semangat cinta Indonesia.”

Dalam kegiatan turing ini, bikers All New Honda CB150R StreetFire juga turut berbagi terhadap sesama seperti pembagian masker ke masyarakat di Jambi dan Riau, pelayanan kesehatan gratis di pemukiman nelayan pantai Cermin, Sumatera Utara, Pemberian tempat sampah dan alat-alat kebersihan di Setu Babakan, Tangerang, Santunan ke Panti Asuhan di kawasan Tangkuban Parahu, Jawa Barat, penanaman 1.000 bibit mangrove di Pantai Tugu, Jawa Tengah, aksi bersih pantai Pandawa, Bali dan beragam aktivitas untuk masyarakat lainnya.

Turing paguyuban Honda CB150R StreetFire ini merupakan kerjasama PT Astra Honda Motor (AHM) dengan jaringan main dealer yaitu PT Capella Dinamik Nusantara-Aceh, CV. Indako Trading Co., Mitra Sendang Kemakmuran-Banten, PT. Wahana Makmur Sejati-DKI Jakarta dan Tangerang, PT. Daya Adicipta Mustika-Jawa Barat, Astra Motor Semarang-Jawa Tengah, Astra Motor Yogyakarta-DIY Yogyakarta, Astra Motor Denpasar-Bali, Astra Motor Mataram-NTB, PT. Trio Motor-Kalimantan Selatan dan Tengah, Astra Motor Balikpapan-Balikpapan, Anugerah Perdana-Sulawesi Tengah, Astra Motor Makassar-Sulawesi Selatan, Tenggara & Barat. (Arunda)[image_thumbs]
[image_slider link=”full_url_link” source=”full_image_source”] Description [/image_slider]
[image_slider link=”full_url_link” source=”full_image_source”] Description [/image_slider]
[image_slider link=”full_url_link” source=”full_image_source”] Description [/image_slider]
[/image_thumbs][Htab]
[tab title=”tab_title_1″]Tab_content_1[/tab]
[tab title=”tab_title_2″]Tab_content_2[/tab]
[tab title=”tab_title_3″]Tab_content_3[/tab]
[/Htab]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *