Berita PilihanSigom Atjeh

Mobil Box Dinkes Aceh Timur Terancam Jadi Besi Tua

menjadi rongsokanAceh Timur – Satu unit mobil Toyota Dyna Box dengan nomor polisi BL 8090 DB milik Dinas Kesehatan Aceh Timur diduga sengaja disimpan dan ditelantarkan di sebuah doorsmeer di Idi Rayeuk, Sabtu (3/10/2015).

Informasi yang dihimpun AtjehLINK, mobil tersebut dibeli dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2008 guna menjalankan program kesehatan di Aceh Timur. Namun kini mobil itu menjadi barang rongsokan di sebuah doorsmeer di dekat pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur.

Menurut sumber AtjehLINK, mobil yang terancam jadi besi tua itu sudah diparkir di sana sejak setahun yang lalu. Kondisinya kini mulai berkarat dan hampir tertutupi ilalang. “Saya juga tidak tahu kenapa mobil itu diparkir di sini,“ kata sang sumber yang minta namanya untuk tidak ditulis.

Kadis Kesehatan Aceh Timur H Kamarullah, saat dikonfirmasi AtehLINK menyebutkan, mobil Toyota Dyna Box itu sengaja ditempatkan di doorsmeer karena dirinya tidak  tahu akan dipergunakan untuk apa.

“Mau kita bawa kemana mobil itu, kalau kita parkirkan di depan Dinkes tambah rusak dan jika kita fungsikan hanya akan menghabiskan biaya,“ tutur Kamarullah.

Dihubungi secara terpisah, Asisten Pembangunan Setdakab Aceh Timur Usman A Rahman mengatakan dirinya akan mengecek ke lapangan jika benar mobil tersebut akan difungsikan kembali. Saat disinggung terkait pernyataan Kepala Dinkes Aceh Timur, dirinya mengatakan akan berusaha mencari jalan keluarnya. “Pikiran manusia kan tidak sama,“ katanya.

Sementara itu, Basri selaku Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Timur menyayangkan pernyataan Kadinkes yang seakan tidak merasa bertanggungjawab atas keberadaan mobil tersebut.

Basri menambahkan, Aceh Timur di bawah kepimpinan Hasballlah M Thaib dan Syahrul Bin Syamaun saat ini sedang giat-giatnya membangun, tapi masih ada saja kepala dinas yang tidak bertanggungjawab. “Jika tidak mampu, kenapa tidak mengundurkan diri saja,” tegas Basri. (Mus/al3)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *