Berita PilihanSigom Atjeh

Proyek Jalan 2 Jalur di Aceh Timur Langgar Aturan

proyek jalur duaAceh Timur – Proyek pembangunan jalan negara dua jalur di kawasan Pusat Pemerintahan Aceh Timur diduga melanggar Perpres No 54 tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 tahun 2012. Pasalnya, tidak terlihat adanya papan nama atau plang proyek di lokasi tersebut.

Basri, Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Timur, mengatakan, seharusnya sesuai aturan setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang plang proyek yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, mulai pengerjaan, pelaksana proyek, nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaan.

“Kami heran dengan proyek raksasa seperti itu yang didanai APBN namun tidak ada plang nama. Apa itu proyek siluman, belum lagi proyek di kawasan pedalaman dan ini terkesan ada pembiaran oleh pemerintah,” ungkap Basri, Minggu (4/10/2015).

Hal senada juga diungkapkan Muzakkir Ketua LSM Komunitas Aneuk Nanggroe (KANA). Menurutnya, tanpa papan nama, proyek itu juga melanggar Undang Undang  RI No 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 15 huruf (d).

“Kalau tidak ada papan nama, kita tidak mengatahui asal muasal proyek tersebut, padahal masyarakat juga berhak mengetahuinya sesuai dengan yang telah diatur dalam undang-undang,” sindir Muzakkir.

Informasi yang didapat dari salah satu pengawas lapangan pengerjaan jalan tersebut, papan nama proyek memang belum dipasang. “Proyek ini dikerjakan oleh PT Mandala Karya Kecana dengan volume 1 KM, “ ujarnya seraya meminta namanya jangan di-publish.

Sementara itu, Zarliansyah Kabid Bina Marga Aceh Timur tak menampik jika pada setiap proyek memang wajib dipasang papan nama, namun proyek jalan negara dua jalur tersebut bukan dibawah pengerjaaan pihaknya meski lokasinya di Aceh Timur.

“Kita menyarankan agar setiap rekanan memasang plang proyek sehingga bisa diketahui oleh masyarakat. Proyek itu anggarannya dari APBN, jadi pihak rekanan berhubungan langsung ke Kementrian PU Pusat, kita tidak mengetahuinya,” jelas Zarliansyah. (Mus/al3)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *