AgamaBerita PilihanHeadline News

Kembali dari Tanah Suci, Sejumlah Ulama Karismatik Peusijuek Doto Zaini

Usai peusijuk_editBanda Aceh – Sejumlah Ulama Karismatik Aceh menyambut dan mempeusijuek Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah beserta Istri, Niazah A Hamid, yang baru saja tiba di Aceh usai melakukan Ibadah Haji di Baitullah, (Rabu, 7/10/2015).

Tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, tepat pukul 13.20 WIB, Gubernur dan istri disambut langsung oleh sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA). Selanjutnya Gubernur langsung menuju ke Meuligoe Gubernuran untuk mengikuti sejumlah prosesi adat Aceh, yaitu Peusijuek.

Di Meuligoe, Gubernur dan istri telah di tunggu oleh sejumlah ulama, tokoh dan pejabat Aceh lainnya. Para ulama yang hadir langsung melakukan prosesi peusijuek kepada Gubernur dan istri di ruang adat Meuligoe.

Prosesi peusijuek diawali oleh Abu Kuta Krueng, kemudian dilanjutkan dengan Abu Tumin, selanjutnya Abu Mustafa Ahmad, kemudian dilanjutkan oleh Waled Marhaban, Abah Yunus Thaibi, Abu Armia Ahmad dan diakhiri dengan Abi Khairuddin.

Acara peusijuek diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Abu Paya Pasie dan ditutup dengan sesi poto bersama. Selanjutnya para hadirin yang telah memenuhi pendopo beramah-tamah dengan Gubernur dan istri.

Selain para Kepala SKPA,  acara tersebut turut pula dihadiri oleh istri Wakil Gubernur Aceh yang juga merupakan Wakil Ketua Dekranas dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Hj Marlina Usman. Dalam sesi poto bersama, kedua istri pimpinan Pemerintah Aceh itu terlihat sangat akrab terlibat dalam dialog.

Selain itu, unsur Forkorpimda juga terlihat menyambut kepulangan Gubernur dan istri, diantaranya Kapolda Aceh, perwakilan Pangdam Iskandar Muda, Ketua Majelis Adat Aceh, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama serta sejumlah anggota DPRA dan para tokoh Aceh lainnya. (Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *