Berita PilihanHeadline NewsNasional

Menteri Dalam Negeri Buka PIN Desa dan Gelar TGG

Pembukan TTG Nasional-9Banda Aceh – Menteri Dalam  Negeri, Tjahjo Kumolo membuka Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan Nasional I dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVII di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh, Kamis (8/10).

PIN Desa dan TTG tersebut akan berlansung hingga 12 Oktober dengan menampilkan pelbagai pameran dan produk inovasi yang dihasilkan dari 34 Provinsi  di seluruh Indonesia.

Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan, program PIN Desa dan TTG di masa masa yang akan datang harus terus dilakukan dengan mangajak partisipasi masyrakat dari berbagai daerah untuk mengembangkan potensi-potensi desa sebagai tolak ukur sejauh mana perkembangan desa di Indonesia.

“Desa suatu saat akan semakin modern, bebagai informasi dari seluruh indoensia akan masuk ke desa, program seperti ini sangat strategis dan harus dilestarikan bekerjasama dengan Kementrian Desa dan Daerah Tinggal, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan pihak terkait lainya,” kata Tjohjo Kumolo.

Politisi PDI-P itu juga berharap dengan adanya PIN dan TTG, pemerintah akan mendapatkan masukan masukan dalam upaya pemberdayaan masyarakat di desa dalam rangka meningkatkan potensi yang ada di desa sehingga menjadi desa yang berdaulat, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian.

Sementara itu, Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah mengatakan, suatu kehormatan bagi pemerintah aceh mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Pekan Innovasi Nasional (PIN) Desa I dan TTG ke 17 tahun ini.

“Melalui PIN Desa dan Gelar TTG ini, kita dapat memperkuat persaudaraan, membangun kebersamaan, berdiskusi, berbagi pengalaman, dan saling mendukung demi membangun Indonesia yang makmur dan sejahtera,” ujar Gubernur Zaini dalam sambutannya.

Gubernur Aceh juga menjelaskan bahwa kegiatan PIN dan TTG dilaksanakan sebagai upaya untuk mendorong penerapan teknologi dalam mendukung penguatan ekonomi masyarakat.

Selain pameran innovasi teknologi jelasnya lagi,  juga tersedia forum dialog bisnis, diskusi, seminar  dan kegiatan ilmiah lainnya yang memberi ruang bagi peserta untuk  bertukar pengalaman dan berbagi pengetahuan, sehingga inovasi teknologi ini dapat diterapkan guna mendukung pergerakan ekonomi masyarakat desa.

“PIN Desa dan Gelar TTG ini menjadi penguat kebersamaan kita dalam mendukung pembangunan desa dengan penerapan teknologi  maju di berbagai sektor dan menjadi pemicu bagi kebangkitan ekomi di desa-desa,” pungkas Zaini Abdullah

Seusai melakukan pembukaan, Menteri Dalam Negeri didampingi Gubernur Aceh dan Walikota Banda Aceh meninjau lokasi pameran untuk melihat hasil produk dan hasil alam yang dipamerkan pada Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa/Kelurahan dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVII.

Pembukaan Event Nasional  tersebut  turut dihadiri oleh seluruh Gubernur dan Walikota  se-Indonesia, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia serta dimeriahkan dengan pelbagai macam tarian tradisional Aceh. (sp/al3)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *