Headline NewsSigom Atjeh

Pemerintah Kota Diminta Wujudkan Krueng Aceh Sebagai Destinasi Wisata

Salah satu sudut Krueng Aceh di Banda Aceh (Kompas/Adrian Fajriansyah)

Salah satu sudut Krueng Aceh di Banda Aceh (Kompas/Adrian Fajriansyah)

Banda Aceh – Krueng Aceh merupakan sungai yang membelah Kota Banda Aceh. Berawal dari hulu di Aceh Besar, sungai tersebut membelah Kota Banda aceh hingga bermuara ke laut di utara Banda Aceh.

Salah seorang tokoh politik Kota Banda Aceh, Ibnu Rusdi, mengharapkan Pemerintah Kota Banda Aceh bisa mewujudkan sungai tersebut sebagai salah satu destinasi wisata Kota Banda Aceh.

Menurut Ibnu Rusdi, Banda Aceh sebagai kota jasa harus punya konsep wisata sungai ini. “Kita bisa mulai dari jembatan Beurawe hingga ke Lampulo, dan dari Lampulo sampai ke Ulee Lheu,” kata Ibnu Rusdi, Jumat, 9 Oktober 2015.

Dia menjelaskan, di sepanjang Krueng Aceh sebelah kiri dan kanan harus dibangun pedestrian (jalur pejalan kaki) yang lebar dan rapi. “Di semen yang rapi dan dikelola dengan bersih,” kata Ibnu Rusjdi.

Selanjutnya, sedimentasi Krueng Aceh harus dikeruk dan airnya harus dijaga agar tetap bersih. “Mulai dari jembatan Beurawe hingga ke Lampulo saya kira bisa dibangun ini,” katanya.

Di banyak kota lain di Indonesia dan juga luar negeri, sungai sudah dijadikan tempat wisata. Menurutnya, wisata sungai ini akan menjadi daya tarik bagi warga Banda Aceh dan para wisatawan yang datang ke Banda Aceh.

Menurut mantan anggota DPR Aceh ini, sebuah kota madani harus bisa memberi kenyamanan terhadap warganya. Kota madani, kata dia, haruslah menjadi sebuah kota yang ramah, bukan kota “marah”.

Ibnu Rusdi mengatakan, mantan Walikota Mawardi Nurdin pernah punya ide untuk membangun Krueng Aceh sebagai tempat wisata dan juga sarana transportasi air. “Saya dukung dua hal itu. Untuk yang pertama, bisa kita bangun Krueng Aceh itu sebagai destinasi wisata. Selanjutnya baru kita pikir lagi sebagai sarana transportasi.”[]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *