Berita PilihanNasional

Aceh Tuan Rumah Rakornas Komisi Informasi se-Indonesia

Rakornas Dibuka Gubernur Aceh, Besok

rakornas-acehBanda Aceh – Komisi Informasi Aceh akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Informasi se-Indonesia ke-6. Kegiatan yang akan dihadiri oleh sekitar 250 peserta tersebut akan berlangsung selama tiga hari 15-17/10), di Hermes Palace Hotel, (Rabu, 14/10/2015).

Rakornas merupakan agenda tahunan Komisi Informasi se-Indonesia dalam rangka menyelaraskan strategi peningkatan kinerja Komisi Informasi yang ada di seluruh Indonesiadalam rangjka mewujudkan budaya keterbukaan informasi sebagai upaya mendorong pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dii Indonesia.

“Rakornas kali ini kita harapkan dapat menjadi sebuah momentum kebersamaan dalam rangka berkoordinasi dengan sesama Komisi Informasi se-Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang rembug nasional untuk menyepakati berbagai strategi pelaksanaan tugas dan fungsi serta aturan-aturan yang dibutuhkan oleh Komisi Informasi dalam menjalankan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik,” terang Ketua KIA, Afrizal Tjoetra.

Afrizal menambahkan, dipilihnya Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakornas Komisi Informasi se-Indonesia adalah berdasarkan usulan yang berkembang pada Rakornas ke-5 yang berlangsung di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Dengan kesediaan Pemerintah Aceh dan Komisi Informasi Aceh, maka pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ke-5 Komisi Informasi se-Indonesia yang digelar pada september lalu di Banten, maka diputuskanlah KIA menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakornas ke-6 ini.”

Selain wadah silaturrahmi, pelaksanaaan Rakornas Komisi Informasi di Aceh juga diharapkan mampu menjadi sarana informasi tambahan terkait dengan kemajuan Aceh pasca konflik dan bencana tsunami.

“Kami juga berharap kegiatan ini akan mampu menjadi salah satu faktor yang menggerakkan sektor ekonomi masyarakat Aceh. kita berharap para peserta akan membelanjakan seluruh uang yang mereka bawa di Aceh,” pungkas Afrizal penuh canda.

Rakornas Dibuka Gubernur Aceh, Besok

berdasarkan informasi Rapat Koordinasi Nasional Komisi Informasi se-Indonesia ke-6 akan dibuka langsung oleh Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, pada pukul 14:WIB. Selanjutnya, para peserta juga diundang untuk menghadiri jamuan makan malam di Meuligoe Gubernur Aceh, pada Kamis (15/10) malam. (Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *