PendidikanRampoe

“SIDARA”: Mengembangkan Pendidikan Dayah Lewat TIK

Banda Aceh – Guna mengembangkan dan memajukan pendidikan dayah, berbagai inovas terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah (Disdik) Dayah Kota Banda Aceh, termasuk dengan mengoptimalkan pemanfaatan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Inovasi teranyar yang dirancang oleh para penggawa Disdik Dayah Banda Aceh yakni sebuah aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Dayah Terpadu (SIDARA). Aplikasi berbasis web ini memuat tentang profil lengkap setiap dayah yang ada di Banda Aceh.

Begitu ungkap Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh Muhammad Syarif pada acara pembukaan Pelatihan Sistem Informasi Dayah yang berlangsung di Aula Madani Center, Gedung Diskominfotik Banda Aceh, Selasa (24/7).

“Aplikasi ini memuat tentang profil dayah secara universal meliputi profil guru, data santri, alumni, dan data fasilitas pendukung seperti asrama, bilik, ruang belajar, laboratorium serta hal-hal lain yang dibutuhkan masing-masing dayah,” katanya.

Ia mengharapkan, setiap operator SIDARA pada dayah di lingkungan Pemko Banda Aceh untuk terus meng-update informasi dayahnya secara online. “Informasi tersebut akan sangat berguna dalam pengembangan dunia pendidikan dayah ke depan, sekaligus memudahkan pimpinan dalam pengambilan kebijakan strategis yang pro dayah,” katanya.

“Lewat aplikasi ini, informasi dan data mengenai setiap dayah ini akan ter-publish secara real time di website Disdik Dayah Banda Aceh yang juga terafiliasi dengan website resmi Pemko Banda Aceh di alamat bandaacehkota.go.id. Dengan begitu setiap dayah akan mudah dipantau oleh Pak Wali karena beliau memang sangat komit untuk mengembangkan pendidikan dayah di Banda Aceh,” pungkasnya.

6 Dayah Raih SIDARA Award 2018

Pelatihan SIDARA yang diikuti 29 operator perwakilan dayah se-Banda Aceh tersebut berlangsung selama dua hari hingga Rabu (25/7/2018). Pada hari kedua pelaksanaannya, Disdik Dayah Banda Aceh menyerahkan penghargaan khusus kepada enam dayah terbaik dalam pengelolaan aplikasi SIDARA dan website dayah.

Penghargaan bertajuk SIDARA Award 2018 itu diserahkan langsung oleh Kepala Disdik Dayah Banda Aceh Tarmizi M Daud kepada para penerima. “Ini salah satu cara kita untuk mendorong pemanfaatan TIK secara optimal oleh warga dayah dalam mengembangkan dayahnya, wabil khusus guna memotivasi operator SIDARA,” katanya.

Adapun keenam dayah yang mendapat apresiasi dari Disdik Dayah Banda Aceh yakni Dayah Darul Fikri (Salafiyah/Tradisional), Nidhamul Fata (Salafiyah/Tradisional), Mishrul Huda Malikussaleh (Salafiyah/Tradisional), BTRG (Salafiyah/Tradisional), Babun Najah (Modern/Terpadu), dan Raudhatul Hikmah Al-Waliyah(Salafiyah/Tradisional). (Jun)

TagsDayah

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *