Berita PilihanHeadline NewsHidup Sehat

Banda Aceh Kini Punya Layanan Emergency PSC 119

Banda Aceh – Seorang ibu hamil yang baru saja menerima bantuan paket persalinan di kantor Dinas Kesehatan Banda Aceh tiba-tiba ambruk di atas panggung. Sontak hal itu mengagetkan para undangan yang hadir termasuk Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Sejurus kemudian sang MC pria menghubungi layanan Public Safety Center (PSC) Banda Aceh di nomor telepon darurat 119, sembari rekan wanitanya memangku ibu yang tengah hamil delapan minggu tersebut. Di ujung telepon, sayup-sayup terdengar suara petugas PSC yang memandu penanganan medis darurat terhadap pasien.

Dalam hitungan menit, sebuah ambulans terlihat memasuki halaman kantor yang terletak di Jalan Singgah Mata, Gampong Sukaramai tersebut. Dengan sigap tiga petugas PSC langsung turun memberikan pertolongan medis, dan lalu membawa sang ibu ke rumah sakit untuk tindakan lebih lanjut.

Hadirin pun lega nyawa sang ibu dan bayi yang dikandungnya dapat terselamatkan. Dan yang lebih melegakan lagi ternyata insiden tersebut merupakan simulasi layanan PSC yang baru saja diuncurkan oleh Wali Kota Aminullah di tempat yang sama, Kamis (16/8/2018).

Dalam sambutannya Wali Kota Aminullah memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dinkes Banda Aceh yang telah berinisiatif menggelar acara peluncuran PSC 119 sekaligus penyerahan bantuan paket persalinan bagi ibu hamil.

Menurutnya, layanan emergency medis dengan kode akses 119 ini diluncurkan pihaknya untuk menangani kasus gawat darurat yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. “Ini merupakan layanan integrasi National Command Center (NCC) yang berada di kementerian kesehatan dan PSC yang berada di kabupaten/kota,” katanya.

Untuk mendukung layanan PSC 119, Pemko Banda Aceh telah menyediakan lima unit Ambulans PSC serta didukung dengan tenaga medis dari Puskesmas di dalam wilayah kerja Dinas Kesehatan Banda Aceh. “Petugas PSC juga dilengkapi dengan alat komunikasi pendukung,” katanya lagi.

Sementara terkait bantuan paket persalinan, kata Aminullah, diberikan untuk keperluan ibu melahirkan sebagai bentuk kepedulian Pemko Banda Aceh guna meringankan beban ibu maupun keluarga dalam menyiapkan perlengkapan persalinan. “Ini juga salah satu program yang kami telah janjikan dulu kepada masyarakat.”

“Kami sangat mengharapkan dengan adanya program Paket Bantuan Persalinan dan PSC 119 di Banda Aceh akan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai dengan salah satu misi Pemko Banda Aceh yaitu  ‘Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat’,” pungkasnya. (Jun)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *