Banda Aceh – Pengurus Masyarakat Ekonomi Syaria’ah (MES) Provinsi Aceh akan dilantik besok, (Sabtu, 13/10/2018).

Pelantikan organisasi yang dipimpin Aminullah Usman SE Ak MM sebagai Ketua Umum akan dilakukan oleh Ketua III MES pusat, Syakir Sula.

Hal ini terungkap saat Aminullah dan Sekum MES Aceh, Sugito dan jajaran pengurus MES Aceh berkunjung ke Harian Serambi Indonesia, Jumat (12/10/2018). Turit mendampingi Aminullah, Bendahara Umum MES, Haizir Sulaiman, Wakil Sektetaris, Saiful Mar dan T Hanansyah.

Kedatangan para pengurus MES ini disambut Pimpinan Perusahaan Serambi Indonesia, Muhammad Din dan jajarannya di kantor yang berlokasi di Meunasah Manyang, Aceh Besar tersebut.

Aminullah menyampaikan, MES Aceh memiliki tugas besar dalam memberikan edukasi kepada masyarakat Aceh terkait sistem ekonomi syariah. Katanya, sejak diberlakukannya syariat Islam di Aceh pada 2002, hanya sektor ibadah dan akhlak yang memiliki perkembangan. Sementara terkait soal muamalah dinilai masih belum mengalami kemajuan yang berarti. Hal ini disebabkan katena masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat.

“Kita lihat sejak penerapan syariat Islam di Aceh hanya sektor ibadah dan akhlak yang terlihat perkembangan. Sementara di sektor muamalllah seperti ekonomi syariah belum mengalami kemajuan yang bearti,” kata Aminullah yang juga Wali Kota Banda Aceh ini.

Karenanya, Aminullah menilai peran aktif media sangat dibutuhkan dalam menyosialisasikan kepada masyarakat Aceh agar beralih ke sistem ekonomi syariah.

“Apapun yang kami lakukan kalau tanpa dukungan media tentunya akan terasa kurang efektif. Karenanya kedatangan kami kemari juga untuk meminta media ikut berkontribusi memajukan ekonomi syariah di Aceh,” kata Aminullah.

Dalam kesempatan ini, Ketum MES Aceh juga menyampaikan bahwa program MES setelah dilantik. Katanya, MES akan menargetkan terbentuk kepengurusan di seluruh Kab/Kota di Aceh.

“Target kita akan membentuk MES Kabupaten/Kota di seluruh Aceh, paing lambat tahun 2019 sudah terbentuk semuanya. Ini tugas pertama agar ekonomi syariah ini tersosialisasi dengan baik hingga ke seluruh Aceh,” tambahnya.

Juga Gelar Roadshow Asuransi Syariah

Usai pelantikan pengurus MES Aceh, pada siang harinya akan digelar roadshow asuransi syariah. Roadshow ini digelar buah dari kerjasama MES dengan Prudential.

Ketua panitia, Mufied Alkamal mengatakan kegiatan ini akan diikuti oleh 230 peserta dari seluruh Aceh.

“Peserta berasala dari berbagai latar belakang profesi, seperti praktisi, kalangan mahasiswa, dari asuransi dan lembaga keuangan lainnya,” ungkap Mufied.

Sebagai pemateri pada kegiatan roadshow ini, panitia menghadirkan M Syakir Sula (pengurus pusat MES dan pakar asuransi syariah), Moch Muchlasin (Direktorat Industri Keuangan Non Bank Syariah OJK) dan Firmandhani Hamdhani (Prudential Indonesia).

Roadshow ini digelar dalam rangka mengenalkan asuransi syariah, salah satu produk asuransi yang mulai banyak dibicarakan dalam kalangan masyarakat. Asuransi syariah saat ini hadir untuk memenuhi kepentingan dan keinginan banyak orang yang mengharapkan adanya sebuah produk asuransi yang halal dan sesuai dengan ketentuan syariah.

Saat ini di indonesia, asuransi syariah sudah banyak tersedia di berbagai produk-produk asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan yang bisa didapatkan dengan mudah melalui perusahaan-perusahaan asuransi swasta. (mkk)

TagsMES

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *